Kamis, 10 Maret 2011

damai

  • Damai yang diajarkan oleh Yesus membersihkan dunia ini dari segala macam kejahatan dan kedurhakaan.
  • Damai adalah hasil suatu pencapaian kebenaran dan hasil perjuangan serta pergulatan batin.
  • Damai tidak hanya berarti ada perang dan kekacauan. lebih dari itu, damai berarti ketenangan hati karena orang memiliki hubungan bersih dengan Tuhan, Sesama, dan dunia.

Alasan terjadinya Perang
Ada beberapa alasan antara lain:
Ø  Fanatisme agama dan suku: Fanatisme agama dan suku biasanya disebakan oleh kepicikan dan perasaan bahwa hidupnya terancam. Kata orang, perang karena fanatisme agama selallu berlangsung lama dan sangat kejam.

Ø  Sikap egois dan angkuh: Selalu ada suku atau bangsa yang merasa diri kuat dan bisa bertindak sewenang-wenang.


Ø  Keserakahan: Banyak pertikaian dan perang berlatar belakang ekonomi, karena mau merebut “harta karun” tertentu. Perang adalah permusuhan,pertempuran atau pertikaian bersenjata antara negara dengan negara,pemerintah dengan kelompok massa yang terorganisir atau antarkelompok,maupun antargolongan.

Perang mengakibatkan kehancuran secara jasmani atau fisik.
Perang menyebabkan sekalian banyak orang mati, sekian banyak sarana dan prasarana hancur, sekian banyak tatanan dan ekologi musnah.
Perang juga mengakibatkan kehancuran rohani. Dalam prang bisa terjadi berbagai macam kejahatan terhadap kemanusiaan. perang menyiksa trauma dengan kehancuran terhadap martabat manusia.


Perang didefinisikan sebagai keadaan konflik antara dua atau lebih negara berdaulat dijalankan oleh kekuatan senjata.
Perang merupakan penggunaan kekerasan untuk memaksa musuh memenuhi kehendak kita. Demikianlah definisi perang Karl von Clausewitz (1780-1831).


Perang dan kerusuhan serta percekcokan membuat hidup manusia tertekan dan lelah. Muncullah sebuah kerinduan untuk menciptakan iklim yang menyejukkan hati, suatu keadaan yang damai. Kita dapat menyaksikan bahwa akhir-akhir ini terjadi beberapa peristiwa yang dapat digolongkan sebagai perang dan pertikaian, baik di dalam maupun di luar negeri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar